PENGANTAR

 

Sejarah adalah paparan obyektif serangkaian peristiwa dalam kurun waktu tertentu, berdasarkan tuturan dan/atau pengamatan (riset) terhadap sumber-sumber yang ada, baik pelaku (nara sumber), maupun data yang ada (dokumen/tulisan).

Berangkat dengan pemahaman demikian maka menulis atau menyusun Buku Sejarah GBIS bukanlah pekerjaan mudah. Pertama-tama karena terbatasnya nara sumber, kalau tidak boleh dikatakan: sudah ‘habis,’ terutama pada masa “kelahiran dan pancaroba” GBIS. Berikutnya, juga sangat terbatasnya data berupa dokumen-dokumen, tulisan-tulisan, dan buku-buku yang menyangkut masalah GBIS. Dan tak kalah pentingnya adalah, karena keterbatasan team-penyusun, baik dalam hal kapasitas maupun waktu. Namun demikian, semata-mata oleh kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, Pendiri – Pemilik, dan Kepala Gereja pada kesempatan ini telah dapat disusun Sejarah dan Perkembangan GBIS sejak tahun 1952 s/d 2002, dengan judul “Lima Puluh Tahun Gereja Bethel Injil Sepenuh Mengemban Amanat Agung.”  

Diharapkan pada kesempatan berikutnya dapat pula disusun Buku Sejarah untuk kurun waktu tahun 2002 sampai sekarang.

Setelah mendapatkan masukan dan kontribusi bahan dari Team dan beberapa nara sumber lain, serta dilakukan beberapa wawancara, maka untuk penyusunan buku ini telah dikerjakan bersama:

Bab Satu disusun oleh Pdt. David Soemantri, S.H

Bab Dua s/d Bab Lima disusun oleh Pdt. Paulus Ruswiyadi, S.Th

Sub-bab tentang Jubelium disusun oleh Pdt. Drs. Darmo Handoyo, Apt.

Akhirnya, kritik yang bersifat membangun, dan masukan tambahan data untuk perbaikan buku ini sangat diharapkan. 

LANJUT BAB I

  • Black Facebook Icon
  • Black YouTube Icon
  • Black Instagram Icon