PEMULIHAN PONDOK DAUD

AKHIR ZAMAN

Oleh: Pdt. Michael Santoso T.

I.PENDAHULUAN
Pondok Daud adalah salah satu topik yang penting di dalam ALkitab yang perlu kita ketahui dan pelajari. Akhir-akhir ini banyak gereja mulai bergairah untuk mendirikan Pondok Daud.
 
Pondok Daud = kemah Daud, kemah doa, kemah puji-pujian. Pada waktu itu Daud memilih 288 imam pemuji yang dibagi menjadi 24 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 12 orang (I Tawarikh 25). Tugas mereka bergiliran selama 24 jam untuk menyemarakkan rumah Tuhan, sehingga kemuliaan turun dan Tuhan berbicara pada bangsa Israel.

Dalam Mazmur 119 : 62 – 63
Tengah malam aku bangun untuk bersyukur kepada-Mu atas hukum-hukum-Mu yang adil.Aku bersekutu dengan semua orang yang takut kepada-Mu, dan dengan orang-orang yang berpegang pada titah-titah-Mu.

 

Mazmur 134 : 1 - 3 
Nyanyian ziarah. Mari, pujilah TUHAN, hai semua hamba TUHAN, yang datang melayani di rumah TUHAN pada waktu malam. Angkatlah tanganmu ke tempat kudus dan pujilah TUHAN! Kiranya TUHAN yang menjadikan langit dan bumi, memberkati engkau dari Sion.

Daud bersaksi ketika ia bangun di jam berapa saja ia mendengar puji-pujian. Pondok Daud akan dipulihkan kembali dalam gereja.

Puji-pujian = penyembahan kepada Allah agar karakter/tabiat Allah nyata dalam hidup kita. Apakah kita tetap punya komunikasi dengan Tuhan sementara kita sibuk dengan masalah jasmani? Hubungan kita dengan Tuhan harus dipulihkan, ketika kita mengambil waktu khusus untuk Tuhan, Tuhan berperan dalam hidup kita. 

Pondok Daud harus dipulihkan, karena ketika sifat Allah turun atas kita,maka karakter yang kita miliki bukan karakter kita lagi, kita dijadikan karakter yang baru, Tuhan beri tabiat menurut keadaan kita. Kejadian 1 : 11 - 12 - ...yaitu ditumbuhkan bumi akan rumput dan pokok yang berbiji dengan tabiatnya dan pohon-pohon yang berbuah-buah, yang berbiji dalamnya dengan tabiatnya... (TL). 

Pada waktu pondok Daud dipulihkan kita bukan hanya menerima karakter Allah tapi akan turun rahmat Allah/pertolongan dan pembelaanNya. Ketika kita menerima karakter Kristus, Tuhan punya target untuk kita.

II.PEMULIHAN PONDOK DAUD 
Pemulihan pondok Daud adalah pemulihan gereja kembali kepada esensinya yaitu sebagai rumah rohani, seperti yang dinubuatkan dalam kitab Yesaya: "Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana,". (Yes 2: 2)
Dalam Kitab Amos yang menjelaskan tentang pemulihan pondok Daud dituliskan : "Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala.  (Amos 9: 11)


Pemulihan Pondok Daud harus terjadi dahulu sebelum kedatangan Tuhan, karena bangsa-bangsa sedang menantikan Gereja dipulihkan kembali kepada identitas dan panggilanNya. Pemulihan pondok Daud adalah untuk pekerjaan misi di akhir zaman. 
Seperti yang diungkapkan dalam kitab Mikha, "Dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem. (Mikha 4: 2)

III. PEMULIHAN PONDOK DAUD KUNCI PENUAIAN JIWA 
 “Hal itu sesuai dengan ucapan-ucapan para nabi seperti yang tertulis: Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan, supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini,” (Kisah Para Rasul 15:15-17) 

Semua gereja berdoa dan merindukan penuaian jiwa besar-besaran, tentu saja bukan semata-mata agar gereja menjadi penuh, atau menjadi mayoritas, melainkan sebuah kerinduan agar lebih banyak lagi orang-orang yang diselamatkan. Banyak sekali kita menjumpai seminar-seminar tentang pertumbuhan gereja atau penuaian jiwa-jiwa yang menawarkan metode penuaian jiwa yang diharapkan dapat menjadi berkat dan dapat diaplikasikan oleh para peserta seminar dalam penuaian jiwa di gereja mereka masing-masing. 


Ada 2 (dua) alasan utama mengapa pemulihan Pondok Daud harus dikerjakan: 

1. Pondok Daud adalah Patron Penyembahan di Sorga. 
“Dan keempat makhluk itu masing-masing bersayap enam, sekelilingnya dan di sebelah dalamnya penuh dengan mata, dan dengan tidak berhenti-hentinya mereka berseru siang dan malam: "Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang." Dan setiap kali makhluk-makhluk itu mempersembahkan puji-pujian, dan hormat dan ucapan syukur kepada Dia, yang duduk di atas takhta itu dan yang hidup sampai selama-lamanya, maka tersungkurlah kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Dia yang duduk di atas takhta itu, dan mereka menyembah Dia yang hidup sampai selama-lamanya. Dan mereka melemparkan mahkotanya di hadapan takhta itu, sambil berkata: "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan." (Wahyu 4:8-11) 
Di Sorga, tiada henti-hentinya doa, pujian dan penyembahan siang dan malam. Inilah yang TUHAN kehendaki dari antara umat-Nya. Restorasi Pondok Daud, selain memuliakan TUHAN juga merupakan 'latihan' / persiapan kita masuk Sorga. Restorasi Pondok Daud memungkinkan seseorang memiliki kehidupan yang intim / erat dengan TUHAN. (Sudahkah Anda memiliki keintiman dengan TUHAN dalam doa, pujian dan penyembahan? Belum terlambat! Mulailah dari Sekarang.) 

2. Melalui Pemulihan Pondok Daud Akan Ada Penuaian Jiwa Besar-Besaran. 
Kisah Para Rasul 15:17 mencatat alasan mengapa TUHAN memulihkan kembali Pondok Daud yang telah roboh, yakni: "supaya semua orang lain mencari Tuhan dan segala bangsa yang tidak mengenal Allah, yang Kusebut milik-Ku demikianlah firman Tuhan yang melakukan semuanya ini,..." atau dengan kalimat yang lebih sederhana Gembala Sidang / Pembina menyimpulkan agar : Setiap lutut bertelut setiap lidah mengaku bahwa YESUS adalah TUHAN. Inilah Penuaian jiwa besar-besaran.

KESIMPULAN:
Daud sangat mencintai Tuhan-dekat/intim dgn Tuhan. Daud mempersiapkan ibadah dengan pagar tembok team pemuji, pelayan org2 lewi, imam2; yg kesemuanya berbicara "pribadi seseorang" Tuhan Yesus sangat suka dgn pondok Daud "karena pribadinya" bukan gedungnya. Gereja juga bukan gedungnya tapi pribadi org2 yg mencintai Tuhan. 

Rasul Paulus mengingatkan kita untuk membangun kembali "pribadi2 kita yg sudah roboh - runtuh karena ; dosa, penyakit, tawar hati, masalah2 kehidupan hingga kita jauh terhilang saat ini. Ketika Daud jatuh dalam dosa kerajaannya runtuh - tetapi ketika ia bangkit mengalami pemulihan , kerajaanNya ditegakkannya kembali. Mari kita bangun pribadi2 kita yg sudah runtuh, hingga tegak kembali.

  • Black Facebook Icon
  • Black YouTube Icon
  • Black Instagram Icon