PRAKTEK PELAYANAN

PELEPASAN

LATAR BELAKANG
Jebakan Offside
Dalam permainan sepakbola, posisi offside diilai jika seorang penyerang lawan atau siapapun berdiri sejajar dengan ke dua pemain bek terakhir (mungkin peraturan baru yang sekarang bisa jadi berubah) Maka atas situasi posisi tersebut wasit akan meniup peluit, kalau si penyerang melakukan gerakan menerobos pertahanan, karena terjebak offside.

Jebakan offside juga terjadi dalam kegerakan rohani. Para pelayan tetap aktif berlari kesana dan kemari seolah-olah tidak terjadi apa-apa, tapi wasit telah lama meniup peluit. Kalaupun mereka masih tetap melayani, pelayanan mereka ilegal. Mereka terperangkap dalam jebakan offside, eksistensi dan fungsi pelayanan mereka di luar legalitas Kerajaan Allah. Mereka perlu dilepaskan dan dipulihkan dari jebakan offside.

Jika kita tidak lagi hidup dibawah Naungan yang Maha Kuasa (Maz 91) tetapi melakukan apa yang kita senangi karena pengabaian, pemberontakan atau kekeliruan, kita seharusnya tidak terkejut terperangkap dan menderita sebuah kerohanian yang lemah. Hal ini sedang terjadi sekarang ini, pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Bagaimana manusia bisa terperangkap oleh setan?
- Bisa karena kutuk garis keturunan. Seorang anak bia terikat iblis sejak lahir karena faktor orangtua yang juga terikat kuasa gelap. Makanya ada penyakit turunan, kutuk turunan, kutuk warisan, dan juga ilmu gaib warisan.
- Keterlibatan pada okultisme.
- Sakit penyakit yang menyebabkan pertahanan jasmani rohani kita lemah sehingga iblis bisa menerobos masuk.
- Kelemahan jiwa (stress, depresi, ketakutan, marah, benci, patah hati, dst) menyebabkan menyebabkan pertahanan rohani lemah dan iblis pun masuk.
- serangan kuasa gelap (misalnya terkena sihir, tenung, guna-guna).
- Diserang iblis yang menjadi penguasa atas wilayah tertentu.
- Dimasuki iblis karena belajar ilmu gaib, tenaga dalam, dll.
- Dikuasai iblis karena sengaja menyembah iblis (misalnya mengikuti ritual seks, ritual gereja setan, dll). 
- Dikuasai iblis karena hidup dalam dosa perzinahan menyebabkan orang terikat roh najis, dosa pembunuhan membuat si pembunuh dikuasai roh jahat, dst.
· Contoh 1: Yesus mengusir roh jahat dari orang Geresa, Luk 8:26-39
Ayat (33) Lalu keluarlah setan-setan itu dari orang itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau lalu mati lemas.
- Kutuk 
- Barang-barang yang berhubungan dengan kuasa kegelapan atau yang dipakai untuk memuja berhala/dewa. 
- Tradisi dan kebudayaan 
· Contoh 2
Seorang Ibu RT yang baik diserang oleh kuasa gelap (santet atau guna-guna) dan begitu banyak roh jahat yang masuk dalam hidupnya dan hidupnya mejadi budak nafsu sex. Pernyataan ini diperkuat lagi oleh seorang Hamba Tuhan yang melayani. Singkat cerita ibu ini dilayani dan di doakan sehingga ia mengalami kebebasan dan pertumbuhan rohani yang semakin meningkat dan sebaliknya kuasa gelap dn roh jahat pun sebaliknya mengalami penurunan yg luar biasa.


APAKAH PELAYANAN PELEPASAN?
Mengapa manusia yang terikat iblis harus dilayani pelepasan ?

a. Iblis adalah pencuri, pembunuh, dan pembinasa (Yoh 10 :10). Begitu mendapatkan kesempatan, iblis akan terus menguasai manusia sampai manusia itu terenggut 100 persen.

b. Iblis selalu ingin tinggal di dalam diri manusia, bahkan sekalipun ia telah diusir keluar (Mat 12 :43-45). Karena itu, tindakan pengusiran yang tegas atas setan harus dilakukan.

c. Manusia sebagai sebuah 'rumah' harus dibersihkan dari 'para penghuni' lamanya, yaitu iblis. Rumah itu akan didiami oleh Tuhan sebagai ''Bait Roh Kudus'' (1 Kor 6 :19). Dan, Roh Kudus harus kita beri kesempatan untuk memenuhi diri kita (Ef 5 :18).

d. Sebelum akhir jaman, iblis masih diijinkan Tuhan bercokol di bumi ini (1 Yoh 5 :19) sehingga peperangan rohani masih akan terus terjadi.

e. Iblis akan terus-menerus melakukan perlawanan  sehingga peperangan rohani masih harus terus dilancarkan (Ef 6:12).

Siapakah yang perlu dilepaskan
Perjanjian pelepasan ditujukan untuk semua orang, termasuk orang percaya (Lukas 1:67-75) 


(Lukas 1:67-75) "Dan Zakharia, ayahnya, penuh dengan Roh Kudus, lalu bernubuat, katanya: "Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya, Ia menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba-Nya itu,  seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi-nabi-Nya yang kudus untuk melepaskan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua orang yang membenci kita, untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada nenek moyang kita dan mengingat akan perjanjian-Nya yang kudus, yaitu sumpah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita, supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut, dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita." 

Orang percaya masih bisa dipengaruhi setan!

Tubuh dan jiwa orang percaya belum sempurna sehingga dapat dikuasai oleh setan (meski bukan dalam bentuk kerasukan). Kelemahan itu terjadi ketika orang percaya memberi kesempatan kepada setan (Efesus 4:27). Jika setan diberi kesempatan maka Ia akan menguasai hidup seseorang. Oleh sebab itu, orang percaya juga mesti dilepaskan. (Efesus 4:27) "janganlah beri kesempatan kepada Iblis" 

Bagaimana memperoleh pelepasan itu?

Apakah kita pernah terlibat di dalam kegiatan okultisme? Pernahkah saudara melakukan pengusiran atas roh-roh jahat? Jika belum, mereka pasti masih berusaha mengikat saudara. Jika kita mau bebas maka kita harus tunduk pada Allah dan melawan iblis (Yakobus 4:7). 
(Yakobus 4:7) "Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!" 
Iblis akan pergi kalau kita melakukannya dengan beberapa prinsip/aturan : 

a. Setan hanya akan pergi kalau kita mengusirnya dengan iman, bukan dengan keberanian. 
Kita harus tahu bahwa Yesus sudah mengalahkannya secara total. Lawanlah setan dengan IMAN yang teguh. (1 Petrus 5:9)
(1 Petrus 5:9) "Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama”

b. Setan hanya akan pergi kalau kita mengusirnya dengan otoritas yang diberikan Allah. (Lukas 10:19-20)"Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga". "Kita diutus oleh Allah (Yohanes 17:18). Dan kita diberi otoritas untuk mengalahkan setan dan tidak ada kuasa iblis yang membahayakan kita" 
(Yohanes 17:18) "Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia" 
Hanya orang percaya saja yang bisa mempertahankan kebebasannya. 
Pelepasan mesti ditindaklanjuti dengan pertobatan dan doa serta hubungan yang akrab dengan Tuhan. Sebab jika tidak, keadaan orang yang dilepasakan akan semakin buruk. (Lukas 11:24-26) 
(Lukas 11:24-26) "Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapih teratur. Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula." 

Mengapa kelepasan harus dipelihara?
- Iblis akan kembali kedalam tubuh kita (Mat 12:43-45, Zak 3:1-5, I Petr 5:8)
- Iblis bekerja dengan mengingatkan masa lalu (Yes 43:18)
- Ingin kembali kepada kehidupan yang lama (Yoh 21:1-2,)

Dampak pelayanan pelepasan
- (Luk 8:26-39). Namun setelah ia menjalani pelepasan, ia duduk di kaki Yesus; ia telah berpakaian dan telah waras”.
- Luk 9: 37 – 45 Seorang anak yang kerasukan roh jahat. Yesus menegor roh jahat itu dengan keras dan menyembuhkan anak itu, lalu mengembalikan kepada ayahnya”.

APAKAH ADA DASAR PERINTAH MELAKUKAN PELAYANAN PELEPASAN
Pelayanan Pelepasan adalah pekerjaan Yesus Kristus.

a. Kita dapat menolak tuduhan-tuduhan setan karena Yesus sudah memikul dosa kita dikayu salib (1 Pet 2:24).

b. Kita dapat mengalahkan setan karena Yesus sudah mengalahkannya .(kolose 2:15)

c. Membatalkan kutuk karena Yesus sudah menjadi kutuk bagi kita dikayu salib (Galatia3:13)
Yesus mengutus dan memerintahkan untuk mengusir setan“dan diberiNya kuasa untuk mengusir setan” (Markus 3:15)“tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa (Markus 16:17)

Jadi pelayanan pelepasan itu mesti dilakukan karena:
a. Yesus sendiri melakukan pelayanan pelepasan.
b. Yesus mengutus murid-muridNya dan memerintahkan mereka untuk melakukan pelayanan pelepasan
c. Dengan dilakukannya pelayanan pelepasan maka Kerajaan Allah akan datang /dialami dalam hidup orang percaya 
Pekerjaan setan perlu dibongkar, dinyatakan, dan dihancurkan oleh pekerjaan Roh Kudus

Mengapa orang percaya bisa melakukan pelayanan pelepasan?
a. Yesus memberi perintah supaya orang pecaya mengusir setan-setan (Mat 10 :8)
b. Yesus berjanji bahwa orang percaya bisa mengusir setan dengan menggunaan nama-Nya (Mrk 16:17)
c. Tuhan memberi Roh Kudus sehingga anak-anak Tuhan penuh dengan kuasa illahi (Kis 1:8).
d. Pada dasarnya, iblis telah dikalahkan oleh Yesus di kayu salib (1 Kor 15:27). Yesus telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka (Kol 2 :13-15)
e. Tuhan telah memberikan senjata-senjata rohani sehingga kita bisa memenangkan peperangan rohani melawan iblis (Ef 6 :10-18)

 

REKOMENDASI & KESIMPULAN 
·    Pelepasan merupakan pelayanan orang percaya
Pelayanan pelepasan dapat atau boleh dilakukan oleh orang percaya, tidak harus dilakukan para pejabat gereja. Bukan liturgia hanya bagian dari pelayanan pastoral!


Adanya pelayanan pelepasan bukan berarti Yesus tidak digdaya, faktanya Yesus digdaya dan setan telah bertekuk lutut dan tidak berdaya dihapan Yesus. Yesus lebih jaya dari setan, itu pasti!
Namun manusia, baik orang percaya maupun non percaya, tidak kebal terhadap godaan setan yang dalam geramnya (Wahyu 12:12) yang dahsyat berpotensi menanamkan pengaruh negatif (debu-debu demonik) pada jiwa dan tubuh orang percaya, itu sebabnya dibutuhkan pelayanan pelepasan.

Kelepasan yang diperoleh harus dijaga dengan cara ?
a. Penuhi hati dan pikiran dengan Firman Tuhan
    o Hanya dengan Allah kita dapat dipuaskan (Maz 119:105)
    o Firman Tuhan mempunyai kuasa (II Tim 3:16)

b. Hati harus dipenuhi dan dipimpin oleh roh kudus (Rom 8:14)
c. Harus mengikuti persekutuan (Ibr 10 : 25)
d. Salibkan daging ( Gal 5 :19-20)
e. Memelihara perkataan yang positif (Mark 11:23, Yak 3:2-5)
f. Senantiasa berdoa (Ef 6:18)
g. Lawan iblis (Yak 4:7), ketahuilah bahwa iblis telah dilucuti (Kol 2:15, Wy 12:10-11)

Literatur :
1.Pelepasan adalah roti Anak-Anak, Leo Setzepfand, Deliverance ministries, Jakarta, 1991
2. Terbebas dari ikatan-ikatan, Liberty Savard, metanoia publishing, 2007
3. Berbagai Tipuan Dalam Pelayanan, Florence Bulle, Yayasan Penerbit Gandum Mas, 1983
4. Kutuk Yang Belum Dipatahkan, Rebecca Brown, MD, Light Publising 2007
5. Memerangi Pasukan Neraka, Win Worley, new leaf press (terjemahan), 1976
6. Cara memuluhkan Karakter, David Allen, MD, Yayasan penerbit Gandum Mas, 2001
7. Satanisme Dalam Pelayanan Pastoral, Pdt.H.Soekahar Bth, penerbit Gandum Mas, Jatim
8. Prinsip Otofitas, modul Harvest Int'I Theological Seminary, Jimmy B,Oentoro, Jakarta
9. Alkitab
10. Approaching God, vol 2, Paul Enns, Interaksa, Batam, 2000

  • Black Facebook Icon
  • Black YouTube Icon
  • Black Instagram Icon